Air Alkali

air alkaliBeberapa tahun lalu kita banyak mendengar tentang air alkali dan manfaatnya untuk kesehatan. Namun, di satu sisi ada pula pihak yang menyatakan bahwa air alkali tak sepenuhnya aman untuk dikonsumsi setiap waktu. Lalu, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan air alkali? Alkali memiliki sifat basa, sehingga air alkali memiliki arti yang bersifat basa.

Sifat basa merupakan sebuah sifat kimia yang menyerap ion hydronium saat dilarutkan dalam air. Sifat basa ini lawan dari sifat asam dan pada air disebut basa apabila memiliki pH lebih dari 7.

Air alkali masuk dalam kategori air yang bersifat basa dan memiliki pH lebih dari 7. Sebagai perbandingan, hampir semua air yang diminum memiliki pH tepat di angka 7. Hal ini karena air yang diminum merupakan air netral, tidak bersifat asam dan juga tidak bersifat basa. Sedangkan air alkali memiliki pH di atas 7 yang menandakan air ini memiliki sifat basa. pH merupakan tingkatan adanya keasaman/basa suatu larutan yang diukur dengan skala 0 sampai dengan 14. Tinggi rendahnya pH air dipengaruhi terutama oleh kandungan mineral lain yang tedapat dalam air tersebut.

Sejauh ini air yang bersifat basa atau memiliki pH lebih dari 7 terdapat pada mata air yang ada di pegunungan. Rasanya segar dan menyegarkan tubuh. Sifat air alkali sendiri hampir sama dengan sifat air gletser. Keutamaan sifatnya yaitu air gletser begitu segar, bahkan 69% kesegaran air terkunci di dalam gletser. Inilah yang menyebabkan air alkali dengan pH sedikit diatas 7 memiliki kesegaran yang hampir sama dengan air gletser. Selain itu rasa khas air alkali seperti halnya kita minum dari sumber mata air pegunungan atau dataran tinggi lainnya.

Jika kita pernah mendengar tentang air zamzam, maka seperti itulah rasa air alkali karena ternyata air zamzam memiliki pH diatas 7 dan termasuk air basa. Air zamzam terbentuk dari es yang mencair jauh di bawah tanah gurun. Sampai saat ini manfaat air zamzam tidak diragukan lagi, meskipun awalnya banyak yang mengiranya sebagai sugesti. Berikut komposisi air zamzam yang juga bisa dimiliki oleh air alkali lainnya:

  • Memiliki kandungan mineral alami yang tinggi antara kalsium, magnesium, dan flourida
  • Mamiliki muatan ion yang seimbang
  • Tidak mengalami perubahan baik dari segi tekstur, warna, dan baunya walaupun disimpan dalam jangka waktu yang lama dan diletakkan dimana saja
  • memiliki pH yagn tinggi atau bersifat basa/alkali seperti yang terkandung dalam buah dan sayur.

Dari buku “Khasiat Air Alkali Plus Antioksidan”, Hal 21, Penulis Afin Murtie & Marzuki Yahya

Untuk info lebih lanjut
Hub. 085100865928
PT. Kangen Center Indonesia
Kompleks Multatuli Indah Blok FF 28-29
Medan – Indonesia

Posted in Health info, Our Body, Water.